Dengan semangat solidaritas, kebersamaan dan kepedulian, KBPSS Bantu Sunat Massal di Desa Sajau Hilir

  • Whatsapp

TERASKATAKALTARA.COM, Bulungan- 
Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang membutuhkan, Keluarga Besar Pemuda Sulawesi Selatan (KBPSS) Kalimantan Utara (Kaltara) kembali melaksanakan kegiatan sosial. Kali ini, yang menjadi sasarannya adalah Desa Sajau Hilir Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan. Pelaksanaan Sunat Massal yang dilaksanakan pemerintah desa setempat, mendapat dukungan dari para pemuda Sulsel tersebut, Kamis (14/10/2021).
Secara swadaya, para anggota KBPSS mengumpulkan bantuan sukarela sehingga bisa membantu sunat massal di Sajau Hilir. Berbekal semangat solidaritas, kebersamaan dan kepedulian, dalam kurun waktu dua hari, KBPSS berhasil mengumpulkan anggaran sebesar Rp4.100.000 yang berasal dari puluhan anggotanya.
“Kami mendapat informasi dari pihak pemerintah desa, bawah di Sajau Hilir ada sunat massal. Karena diketahui teman-teman di KBPSS sering ada kegiatan sosial, mereka menyampaikan jika ingin berkontribusi bantu pelaksanaan sunat massal di desanya. Alhamdulillah respon teman-teman sangat baik dan dalam waktu singkat kami bisa menggalang donasi dari internal KBPSS sendiri,” kata Sekretaris KBPSS Kaltara Fathu Rizqil Mufid.
Adapun dana yang terkumpul, diperuntukkan langsung kepada 32 anak-anak di Sajau Hilir peserta sunat massal. Yakni berupa kopiah maupun uang saku, yang merupakan tradisi untuk diberikan kepada masing-masing anak usai di khitan.
“Bantuan yang kami berikan, langsung diterima oleh Kepala Desa Sajau Hilir. Kemudian kami juga sempat memberikan langsung secara simbolis kepada beberapa anak-anak yang telah disunat. Selebihnya kami serahkan ke pihak desa untuk didistribusikan,” katanya siang tadi.
Seperti diketahui, KBPSS yang lahir sejak 2016 lalu, berkomitmen untuk terus menjadi wadah silaturahmi sekaligus tempat saling berbagi dengan sesama tanpa terkecuali. Ditegaskan Ketua KBPSS Asrul Salam, bahwa kehadiran KBPSS adalah kebersamaan pemuda Sulsel di Kaltara dengan seluruh elemen. Kegiatan yang selalu dilaksanakan berlandaskan semangat gotong royong sehingga semua merasa memiliki.
“Jadi ini agenda kita yang kesekian kalinya. Agenda rutin kita tiap hari minggu satu kali dalam dua pekan kita bakti sosial di tempat-tempat atau fasilitas umum. Selain itu kegiatan kita sifatnya juga ada yang dadakan ketika ada yang membutuhkan, kita mampu maka kita bantu. Seperti sebelumnya juga kita galang dana untuk bencana di Luwu Sulsel. Kali ini, kami para anggota yang urunan untuk bantu kegiatan sunat massal,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Desa Sajau Hilir Syahrir mengatakan, pihaknya merasa sangat bersyukur, bahwa masyarakat termotivasi untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial keagamaan yang dilaksanakan. Khususnya kepada KBPSS Kaltara, yang turut memberi bantuan dan hadir langsung di tengah-tengah masyarakat.
“Kami sangat bersyukur, khususnya kepada Keluarga Besar Pemuda Sulawesi Selatan (KBPSS) Kaltara, yang hari ini tidak saja memberikan bantuan. Tetapi juga meluangkan waktu untuk menyempatkan diri menyampaikan langsung bantuan yang diberikan kepada anak-anak yang mengikuti khitanan massal. Atas nama Pemerintah Desa Sajau Hilir mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KBPSS Kaltara. Semoga apa yang telah diberikan dibalas oleh Allah Subhanahu Wata’ala dan kita semua senantiasa diberikan keberkahan,” terangnya. (qy/kbpss)

Pos terkait