DAU Ditunda, Pemkab Kembali Lakukan Penyesuaian Anggaran

  • Whatsapp

Bupati Bulungan,  H. Sudjati, SH rapat bersama dengan OPD, Jumat (8/5/2020)

 

Bupati Bulungan, H Sudjati, SH, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si dan Sekretaris Daerah, Drs Syafril memimpin rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan pada Jumat (8/5) di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan. Rapat membahas penyesuaian anggaran APBD Kabupaten Bulungan 2020 sesuai instruksi pemerintah pusat.

Kegiatan juga menindaklanjuti Keputusan Menteri Keuangan RI Nomor 10/KM.7/2020 tentang Penundaan Penyaluran Dana Alokasi Umum (DAU) dan/atau Dana Bagi Hasil terhadap Pemerintah Daerah yang Tidak Menyampaikan Laporan Penyesuaian APBD 2020. Dijelaskan, Kabupaten Bulungan termasuk dalam 380 kabupaten, kota dan provinsi yang nilai refocussing atau penyesuaian APBD-nya tidak sampai 35 persen sehingga ditunda penyaluran DAU dan/atau Dana Bagi Hasil tahap kedua. Menyikapi hal tersebut, Bupati meminta segenap perangkat daerah Pemkab Bulungan untuk melaksanakan penyesuaian atau refocussing anggaran sesuai ketentuan pemerintah pusat.

“Sebagaimana kita ketahui refocussing atau penyesuaian anggaran ini akan diperuntukkan bagi bidang kesehatan, pemulihan ekonomi dan jaring pengaman sosial masyarakat,” tandasnya. Diingatkan pula adanya penyesuaian atau refocussing tersebut bukan berarti anggaran daerah dikurangi atau ditarik melainkan di realokasi untuk fokus pada 3 bidang tersebut di atas.

Pemkab juga tetap berupaya mengoptimalkan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang sudah memiliki kontrak. (*/pemkab)

Pos terkait