Tips Jitu Mengatasi Hama Kutu Kebul Di Penyimpanan Komoditi Pangan

  • Whatsapp
kutu putih-kutu kebul
kutu putih / kutu kebul

Kutu putih atau biasa dikenal juga dengan nama kutu kebul diketahui selaku hama serangga yang kerap melanda tumbuhan hias, salah satunya aglonema. Tidak cuma melanda tumbuhan hias saja, kutu putih pula dapat mengganggu komoditas pangan yang tersimpan di gudang. Sebab hidup bergerombol, metode membasmi kutu putih wajib dicoba sedini bisa jadi supaya tidak merendahkan mutu ataupun kualitas hasil pangan.

Umumnya kutu putih hidup bersembunyi di bagian sela- sela sehingga susah nampak oleh mata. Metode membasmi kutu putih juga bukanlah gampang, sebab mereka tercantum hama yang kilat dalam tumbuh biak serta dapat meluas ke hasil komoditi yang lain.

Bacaan Lainnya

Cara Basmi Hama Kutu Putih / Kutu Kebul

Biar komoditi pangan di gudang dapat bebas dari kutu putih, berikut 4 metode membasmi kutu putih yang dapat Kamu jalani, di antara lain:

1. Cek Zona Gudang Apakah Terdapat Retakan

Metode membasmi kutu putih ini dapat dicoba supaya mereka tidak bersarang pada bagian retakan di gudang, baik itu di bilik, lantai, teras, palet, ataupun kayu- kayu. Apabila terdapat retakan, Kamu dapat langsung menutupnya, misalnya dengan metode menutup retakan- retakan memakai dempul, semen, ataupun yang lain.

2. Memasang Perangkap di Gudang

Metode membasmi kutu putih yang satu ini terbilang gampang. Alasannya Kamu cuma butuh memasang perangkap berupa kertas karton bercorak kuning serta mempunyai tekstur yang lengket. Dengan tekstur tersebut, kertas ini sanggup membuat serangga di sekitarnya yang hinggap jadi terperangkap serta tidak dapat lepas. Perangkap dipasang dengan metode menggantungkannya di dekat komoditi pangan.

Umumnya kertas karton ini kerap digunakan selaku perangkap lalat. Sehingga bila digunakan buat menangkap kutu kebul, hingga cuma menjaring kutu berusia saja. Sedangkan kutu putih muda ataupun yang belum bersayap susah buat terperangkap ke permukaan kertas yang lengket.

Hendak namun, pemasangan perangkap di gudang pula butuh dihitung bayaran pengeluarannya, apakah sebanding dengan banyaknya komoditas pangan yang ditaruh. Buat komoditi dengan skala rumah tangga, bisa jadi Kamu dapat melaksanakan metode ini.

3. Menjemur Komoditi Pangan di Dasar Terik Matahari

Kutu putih sangat lemah dengan temperatur panas, oleh karenanya Kamu dapat menghasilkan hasil panen secara berkala dari tempat penyimpanan buat dijemur di dasar cahaya matahari langsung. Ini dapat jadi metode jitu buat membasmi kutu putih secara natural. Kutu putih bisa mengganggu hasil pangan dengan meninggalkan bintik- bintik putih serta telur- telur kutu yang melekat Anda harus mengetahui ciri dari perkembangan kutu mulai dari telur. Sembari dijemur, Kamu juga dapat mensterilkan bercak putih yang ditinggalkan kutu kebul.

4. Melaksanakan Sanitasi

Sanitasi ialah tata cara pembasmian kutu kebul memakai insektisida berupa cairan pada lantai, bilik, teras, kayu, serta pelat yang terdapat di gudang. Sanitasi biasanya dicoba dengan 2 metode, ialah dengan pengasapan ataupun penyemprotan.

Rekomendasi Insektisida terbaik buat sanitasi merupakan Silogud 250 EC. Buat dosis Silogud yang digunakan pada pengasapan berbeda dengan penyemprotan. Kamu dapat mengecek metode pemakaian yang tertera di dalam panduan pemakaian ataupun kemasan Silogud.

Keunggulan dari insektisida ini tidak meninggalkan bercak serta bau sehabis proses pembasmian kutu. Sehingga sehabis dicoba pengasapan ataupun penyemprotan, karyawan dapat langsung bekerja di dalam gudang. Tidak cuma itu saja, insektisida ini sanggup menewaskan kutu yang kebal( resisten). Sehingga sangat sesuai buat membasmi kutu putih yang hinggap di komoditi skala besar.

Pos terkait