Cari Tahu Besaran Angpao Imlek yang Harus Dipersiapkan

  • Whatsapp

TERASKATAKALTARA.COM – Imlek merupakan tahun baru dalam penanggalan China yang sebentar lagi dirayakan oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Dalam tradisi perayaan imlek, selain disajikan aneka hidangan khas imlek seperti kue keranjang dan jeruk mandarin, terdapat juga kebiasaan memberi hadiah berupa uang yang dimasukan ke dalam amplop kecil berwarna merah yang disebut angpao.

Pemberian angpao biasanya dilakukan oleh orang yang sudah menikah kepada kerabatnya yang masuk kategori anak-anak atau masih lajang. Bagi Anda yang merayakan imlek dan tahun ini masuk kategori harus memberi angpao, berikut referensi berapa besaran angpao untuk para kerabat yang harus Anda persiapkan.

Besaran Isi Angpao Imlek

Pemberian angpao saat imlek merupakan momen yang membahagiakan. Tradisi ini juga bagus untuk mempererat jalinan persaudaraan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut pertimbangan dalam menentukan besaran isi angpao imlek :

Angpao imlek untuk kerabat

Besaran isi angpao untuk kerabat, dapat disesuaikan dengan usia, sebagai berikut :

* Untuk bayi dan balita

Untuk kategori usia bayi dan balita, jumlah uang yang diberikan sebagai angpao tidak perlu terlalu besar. Di kisaran Rp. 5000 – Rp. 10.000 saja.

* Kategori anak (usia 4-11 tahun)

Anak usia 4 – 11 tahun biasanya sudah paham tentang uang dan cara menghabiskannya. Namun mereka belum paham cara mengelolanya. Angpao yang pas untuk mereka adalah antara Rp. 10.000 – Rp.  50.000. Yang penting nasihatkan kepada mereka untuk mulai menabung.

* Kategori usia remaja (12 – 17 tahun)

Untuk kategori remaja, jumlah angpao yang pas untuk mereka ada di kisaran angka Rp. 50.000 – Rp. 100.000. Di usia remaja, mereka sudah punya keinginan untuk berbelanja sesuatu dan kesadaran untuk menabung.

* Dewasa (18 -22 tahun)

Di usia ini kebutuhan mereka semakin banyak. Sehingga memberi angpao dengan nominal besar untuk mereka akan sangat bermanfaat. Kisaran angpao yang pas untuk usia ini adalah Rp. 100.000 – Rp  200.000.

* Dewasa dan sudah bekerja (usia 23 -29 tahun)

Meskipun sudah dewasa dan bekerja, mereka tetap berhak mendapat angpao karena belum menikah. Besaran angpao yang diberikan di kisaran Rp. 200.000 – Rp. 500.000.

Angpao untuk kerabat yang memiliki hubungan darah

Untuk kerabat yang memiliki hubungan darah, seperti anak kandung, saudara kandung, orang tua maupun mertua nominal yang diberikan dapat lebih besar dibandingkan kerabat yang tidak memiliki hubungan darah. Misalnya saja :

* Untuk anak

Tanpa memperhatikan batasan usia, kita bisa memberikan angpao kepada anak kita  mulai dari Rp. 100.000. Tentunya dengan nasihat agar uang yang diterima diperuntukkan untuk menabung atau untuk membeli sesuatu yang bermanfaat. Yang penting dalam pemanfaatannya harus benar-benar kita perhatikan.

* Saudara kandung, orang tua, dan mertua

Untuk saudara kandung kita bisa memberi angpao mulai dari Rp. 500.000. Sementara untuk orang tua maupun mertua kita bisa memberi angpao di kisaran angka mulai dari 1 juta.

Namun tentu saja semua disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing. Misalnya saja untuk orang tua dan mertua. Sebagai anak, sebenarnya memberikan angpao untuk keduanya tidak wajib. Namun jika kita punya, tidak ada salahnya untuk memberikan kepada mereka sebagai tanda bakti kita.

Itulah besaran angpao yang dapat dijadikan rujukan. Meskipun sebenarnya tidak ada aturan pasti karena semua disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Jika Anda memerlukan angpao imlek dengan desain dan motif yang menarik, Anda dapat memperolehnya di Blibli.

Blibli adalah marketplace terlengkap yang ada di indonesia. Segala kebutuhan Anda termasuk angpao imlek dapat Anda dapatkan di Blibli. (*/dirman)

Pos terkait