Peran TNI Atasi Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

TERASKATAKALTARA.COM, Tanjung Selor-Prajurit TNI tidak hanya sekadar menjadi penjaga utama kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, namun juga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. TNI juga bisa diandalkan untuk membantu masyarakat menghadapi tantangan lain, dari bencana alam sampai pandemi Covid-19. Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan hal itu saat memimpin Upacara HUT TNI ke 76 Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa (5/10).

Jajaran Pemerintah Kabupaten Bulungan bersama DPRD dan Forkopimda mengikuti upacara di Halaman Makodim 0903/Bulungan di Jl Kol Soetadji, Tanjung Selor. Jokowi dalam sambutannya menjelaskan, perang melawan virus Covid-19 saat ini seperti perang yang berlarut-larut, sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental dan semangat juang.

“Keberhasilan kita dalam menangani pandemi Covid-19 ini tidak terlepas dari peran besar TNI yang selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan,” ucap Jokowi. Dilanjutkan, Presiden juga meminta TNI untuk selalu aktif dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber dan ancaman biologi termasuk juga ancaman bencana alam.

Sementara, Danrem 092/Maharalila, Brigjen TNI Suratno, SIP dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan dalam acara syukuran HUT ke 76 TNI Tahun 2021.

“Fokus peringatan HUT kali ini lebih diutamakan pada upaya TNI untuk membantu masyarakat yang mengalami berbagai kesulitan melalui kegiatan donor darah, anjangsana kepada para sesepuh TNI, pembagian sembako dan upaya penegakan disiplin kesehatan di berbagai wilayah Kodam VI/Mulawarman,” ungkapnya. Dijelaskan, hal tersebut menjadi bagian rasa keprihatinan dan empati TNI dalam membantu kesulitan masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19. Kerjasama yang telah terjalin selama ini dengan seluruh komponen bangsa juga menjadi pendukung keberhasilan pencapaian tugas pokok yang dibebankan oleh negara kepada TNI. Hal tersebut selaras dengan tema pada peringatan HUT TNI Tahun 2021 ini, yaitu : “Sinergi Untuk Negeri”.

“Oleh sebab itu TNI beserta jajarannya berkomitmen untuk senantiasa memberikan yang terbaik melalui sinergitas, soliditas antara pemerintah, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat agar bangsa Indonesia semakin maju, aman dan sejahtera,” tegasnya.(*)

Pos terkait