Menuju Pola Hidup Baru di Kabupaten Malinau

  • Whatsapp

No – Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si bertindak selaku pembina Apel Gabungan KORPRI dihadiri Wakil Bupati Malinau, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bupati Malinau dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Malinau dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Malinau, Rabu (17/06/2020)

Kegiatan Apel Gabungan KORPRI ini dirangkai dengan penyerahan bantuan Termogan (Alat Pendeteksi Suhu), Wastafel dan penyerahan Surat Rekomendasi pelaksanaan Ibadah oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kepada Pengurus Rumah Ibadah-ibadah. Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan Dana Pembinaan dan Piagam Penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Malinau kepada Afiqah Adawiyah sebagai pemenang Hafiz Indonesia 2020 Tingkat Nasional di Jakarta diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi swasta (RCTI) di Indonesia yang diserahkan oleh Bupati Malinau selaku pembina Apel didampingi oleh Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah, Staf Ahli, dan Kepala OPD.

Dihadapan seluruh Pejabat Eselon III, IV, ASN dan Pimpinan Gereja, Masjid yang mendapat rekomendasi melakasanakan Ibadah dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Malinau, Penerima Wastafel dan Afiqah Adawiyah Hafiz Indonesia 2020 yang mengikuti Apel Gabungan KORPRI ini Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menyampaikan “Kami bangga, bahagia dan punya keyakinan bahwa tidak ada yang tidak mungkin dikala kita punya tekad untuk mewujudkan suatu yang terbaik, selamat kepada orangtua Afiqah. Semoga pembinaan yang diberikan ini menjadi teladan bagi seluruh orang tua lainnya. Hari ini kita menyaksikan penyerahan rekomendasi khusus bagi Gereja-gereja yang memenuhi syarat untuk melaksanakan tata ibadah sebagaimana protokol carona. Dan demikian juga bagi Masjid yang juga melaksanakan ibadah sesuai dengan ketentuan yang ada,”ucapnya.

Saat menyampaikan arahan juga Bupati Malinau menyampaikan budaya dan perilaku masyarakat

“Oleh sebab itu sebagaimana kita ketahui, kita dilanda oleh fenomena corona, saya katakan fenomena ada hal-hal sesungguhnya berkaitan dengan tata cara kita menghadapinya yang terkadang berlebihan. Sehingga mengabaikan tatanan nilai yang sesungguhnya tidak rumit. “Saya katakan tidak rumit karena apa?” Karena corona tidak jauh berbeda dengan penyakit-penyakit lainnya, bedanya yang lainnya ada pola pengobatan yaitu melalui vaksin dan teruji, kalau corona belum ditemukan vaksinnya. Tetapi ada pola untuk menghadapinya disinilah, hari ini yang ingin saya sampaikan kepada kita semua bahwa kata kunci untuk menghadapi dan menjalani kehidupan kedepan bukan melawan corona tapi hidup dalam kesetiaan yaitu setia, komitmen dan disiplin menjalani seluruh tatanan nilai, komitmen untuk menegakkan seluruh tatanan nilai dan disiplin menjalankannya setiap waktu itulah pola hidup kita kedepan.” Tegasnya.

Dr. Yansen TP sampaikan bahwa Corona dinilai telah mengubah cara pandang hidup masyarakat saat hadir ditengah-tengah masyarakat.

”Kita bersyukur corona mengubah cara pandang kita membentuk suatu pola yang baru, yang menurut saya penting untuk kita jalani kedepan dengan baik. Kalau kita biasanya hidup dengan tata cara yang tidak berkenan, terkadang juga melanggar aturan lewat pikiran lagi perasaan kita, kenapa kita tidak bisa mulai dengan hal yang benar”ujarnya.

Tidak terlewat juga Bupati Malinau menegaskan rahasia membiasakan hidup bersih dan sehat menghadapi tatanan hidup baru.

“Kita sudah menemukan pola-pola untuk menghadapinya secara khusus menghadapi corona, pertama gunakan masker, kedua cuci tangan dengan sabun atau bersih diri, ketiga jaga jarak dan tidak berada dikerumunan orang banyak, keempat jaga kesehatan, perkuatkan ketahanan tubuh kita dan kelima makan-makanan yang bergizi, saya yakin percaya sebagai orang yang beragama kita mau kebaikan oleh sebab itu jalankanlah prinsip-prinsip dasar ini baik di Gereja, Masjid, Sekolah, dimanapun kita bekerja jalankan itu. Ini kesempatan terbaik kita untuk membangun masa depan Malinau dengan Pola Sehat, Aman untuk Produktifnya membangun Malinau kedepan dan saya yakin percaya kita semua mampu mewujudkan itu”pungkasnya. (*)

Pos terkait