Kantor KABINDA Kaltara diresmikan

  • Whatsapp

TERASKATAKALTARA.com, Tarakan – Hari ini, (20/01/2021), Gubernur Kaltara Dr. H. Irianto Lambrie bersama Stafsus Kepala BIN Bapak Mayjen TNI (Purn) H Suyanto, yang mewakili Kepala BIN Bapak Jenderal (Purn) Budi Gunawan, meresmikan pengoperasian gedung Kantor BINDA Kaltara.

Kantor ini dibangun di Jalan Bhayangkara Kota Tarakan, pada lahan seluas 6.555 meter persegi yang merupakan hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan.

Anggaran pembangunan fisiknya sendiri, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltara 2020 sebesar Rp 14,5 milliar.

Pembangunan Kantor BINDA Provinsi Kaltara, berdasar Surat Permohonan Hibah Gedung Kantor BINDA Kalimantan Utara di Tarakan Nomor: B-929/VII/2019 tanggal 30 Juli 2019 yang ditandatangani oleh Wakil Kepala BIN Bapak Teddy Lhaksmana WK.

Saat itu, saya berkoordinasi dengan Kepala BINDA Kaltara, Pak Sulaiman, DPRD Kaltara juga instansi terkait lainnya. Ini diperkuat lagi dengan adanya surat hibah dari BIN, dan pembangunannya diawasi DPUPR-Perkim Kaltara,

Mengingat pentingnya gedung ini, saya pun menginstruksikan agar pembangunannya dilakukan oleh pihak ketiga yang profesional. Namun, sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Walikota Tarakan, juga pihak ketiga yang telah membangun gedung ini dengan baik.

Lebih dari itu, saya berharap hadirnya kantor BIN di Kaltara, dapat menjadi salah satu cara pemerintah untuk berkoordinasi dengan mudah kepada BIN.

Dan, semoga kehadiran gedung kantor ini dapat mendukung tugas dan fungsi BINDA Kaltara dan sebagai salah satu upaya Pemprov Kaltara dalam mendukung sistem keamanan nasional, dimana Kaltara mempunyai geografis yang berbatasan langsung dengan negara lain yang ada di Pulau Kalimantan.

Saya juga berterima kasih atas kekaguman Stafsus Kepala BIN Mayjen TNI (Purn) H Suyanto atas eksistensi gedung ini. Beliau menyebutkan bahwa gedung ini, merupakan bangunan kantor BINDA termegah di Indonesia saat ini. Dikutip dari Facebook Iranto Lambrie. (*)

 

 

 

Pos terkait