Data Lengkap, Bansos Segera Direalisasikan

  • Whatsapp

Bupati Bulungan, H Sudjati, SH meminta kepada jajarannya agar bantuan sosial (bansos)yang berasal dari Kementerian Sosial maupun Pemerintah Kabupaten Bulungan untuk segera direalisasikan. Bupati menyampaikan hal tersebut dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan pada Senin (4/5).

“Bansos agar segera direalisasikan karena data sudah lengkap dan sudah divalidasi,” ujar Bupati. Dilanjutkan, pasien positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Bulungan terus bertambah sehingga ASN maupun masyarakat diminta terus berusaha mengikuti anjuran pemerintah terkait pencegahan penularan Covid-19. Kemudian balai desa yang ada di kecamatan maupun di desa-desa diminta disiapkan sebagai tempat karantina serta menyiapkan penyaluran bantuan kepada masyarakat desa.

“Dalam penggunaan dana untuk keperluan penanganan maupun dampak Covid-19 ini perlu juga dibuatkan surat pendampingan sebagaimana permintaan Kejaksaan agar tidak melanggar aturan,” imbuhnya. Ditambahkan, untuk wacana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bulungan masih harus dibahas terutama mengenai mengenai kesiapan kebutuhan pokok. Sementara, Dinas Kesehatan Bulungan dalam rapat memaparkan, mayoritas penularan Covid-19 dari OTG (Orang Tanpa Gejala) sehingga penyebaran cukup cepat. Dinkes Bulungan tercatat sudah melakukan 680 Rapid Tes dan sudah memesan 1000 alat Rapid Test yang masih proses pengiriman. Selain itu, pengadaan alat PCR juga dipandang perlu agar tidak terlalu lama menunggu hasil Swab dari Surabaya. (*)

Sumber Pemkab Bulungan

Pos terkait