Bupati Lantik 11 Pejabat Eselon II

  • Whatsapp

TERASKATAKALTARA.COM, BULUNGAN – Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si melantik 11 pejabat eselon II atau Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama hasil seleksi terbuka pada Rabu (5/1) siang di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati. Para pejabat yang dilantik mengisi posisi kepala dinas dan badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan.

Sebanyak 11 pejabat yang dilantik terdiri Drs.Suparmin.S sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Wilson Ului. SE sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Ismali, S.Hut.,M.Si sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Mahmuddin, S.Sos, M.Si sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa, Hairul S. Sos sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Hj. Andriana, SH. M.A.P sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Muhammad Zakaria, SE. M.A.P sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Septi Dieng. SE. M.A.P sebagai Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Drs. Hendarsyah, S.P, M.P sebagai Kepala Dinas Perikanan, Muhammad. MT, sebagai Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah serta Nurdiana,S.Kom Sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bulungan.

Seperti diketahui, jabatan di sejumlah dinas dan badan tersebut sebelumnya kosong karena pimpinannya memasuki masa pensiun maupun dirotasi ke jabatan lain. Bupati dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada BKPSDM Bulungan bersama tim panitia seleksi dan tim assessor yang telah melaksanakan semua prosedur pengangkatan JPT Pratama di lingkungan Pemkab Bulungan.

Dijelaskan, proses seleksi hingga pelantikan dilaksanakan berdasarkan antara lain Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 TAhun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintah. Peraturan tersebut menegaskan bahwa pengisian jabatan dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan dan integritas serta persyaratan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Dengan dilantiknya para pejabat hari ini maka posisi yang sebelumnya kosong (eselon II) telah terisi,” ucap Bupati. Dilanjutkan, kepada para pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik agar bekerja dengan semangat dan bertanggungjawab sesuai tugas pokok dan fungsi di instansi masing-masing. Kemudian pakta integritas yang sudah ditandatangani agar benar-benar dilaksanakan termasuk komitmen yang sudah ditegaskan dalam tahapan seleksi terbuka.

Bupati menekankan, pimpinan daerah tidak dapat berjalan sendiri dalam mewujudkan visi misi pembangunan Kabupaten Bulungan. Perlu sinergitas berbagai pihak termasuk staf ahli, asisten juga inspektur dan kepala organisasi perangkat daerah beserta jajarannya sehingga roda pemerintahan dapat berjalan pada jalur yang benar.

Bupati berharap, para pejabat yang telah dilantik dapat menangani isu-isu strategis yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya terutama yang memerlukan penanganan segera dan menyangkut kepentingan masyarakat banyak.

“Saya juga berpesan kepada saudara-saudara sekalian untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dengan cara bekerja dengan baik, profesional dan penuh tanggungjawab,” ucap Bupati. Ditambahkan, para pejabat yang dilantik juga harus menghindari sikap-sikap dan perbuatan tercela yang menyimpang dari kejujuran dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kemudian selalu menjaga martabat diri dan Pemkab Bulungan dalam kehidupan sehari-hari.

“Tanggungjawab di pundak saudara memang berat namun saya yakin saudara-saudara dapat menunaikannya dengan baik,” tegas Bupati.(*)

Pos terkait