Aksi bersih-bersih Keluarga Besar Pemuda Sulawesi Selatan (KBPSS)

TERASKATAKALTARA.COM, TANJUNG SELOR – Puluhan pemuda asal Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berdomisili di Tanjung Selor, Ibukota Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar aksi pungut sampah.

Mengatasnamakan Keluarga Besar Pemuda Sulawesi Selatan (KBPSS), para pemuda tersebut berinisiatif untuk melakukan kegiatan sosial di tengah pandemi Covid-19.

Nasrun, salah satu pemuda Sulsel mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mempererat silaturahmi pemuda Sulsel di Kaltara. Selain itu, sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

“Kita kegiatan sederhana saja. Yang penting bisa memberi manfaat. Pungut-pungut sampah di sepanjang taman di tepian Sungai Kayan. Alhamdulillah teman-teman banyak yang berpartisipasi,” katanya usai bersih-bersih di sepanjang taman Kaltara Abadi dan Kulteka, Minggu (29/8/2021) pagi.

Ketua KBPSS Asrul Salam mengatakan, kegiatan bersih-bersih tiap hari Minggu akan terus digalakkan. Tak hanya di fasilitas umum seperti taman, fasilitas ibadah dan tempat umum lainnya juga jadi sasaran.

“Sejak 2016 lalu kita memang fokus dengan aksi-aksi sosial. Inilah bentuk kebersamaan kita pemuda asal Sulawesi yang ada di Kaltara,” kata Asrul.

Kebersamaan yang dibangun, tak hanya mencakup anak muda asal Sulawesi. Namun juga berbaur dan melibatkan pemuda lainnya. Termasuk para komunitas yang ada di ibukota provinsi.

Kita terbuka, menjalin komunikasi dengan semua pemuda di Kaltara. Alhamdulillah terlibat ada teman-teman dari pemuda lainnya, baik komunitas, pemuda asal Jawa, asal Banjarmasin, termasuk saudara kita pemuda Dayak,” tambah Sekretaris KBPSS Fathu Rizqil Mufid.

Sesuai nama wadah organisasi tersebut, semua pemuda di provinsi paling bungsu ini adalah keluarga besar. Tak hanya pemuda dari Sulawesi, melainkan keluarga seluruh pemuda yang ada di Bumi Benuanta.

“Kita semua keluarga, kita semua bersaudara. Kami hadir di Kaltara, bersama-sama semua pemuda yang ada. Seperti kita ketahui, di daerah kita ini semua elemen masyarakat ada. Kita majemuk bahkan representasi kebhinekaan Indonesia. Untuk itu, kita selalu ingin memberi pesan kebermanfaatan bagi semua orang,” bebernya.”

“Aksi-aksi seperti ini memang harus terus kita gaungkan, pemuda harus terdepan dalam segala bidang Umum di wilayah Kalimantan Utara dan terkhusus di Kabupaten Bulungan, dan tidak dimungkin bisa menjadi inspirasi bagi para pemuda-pemuda kita di Kaltara” Ucap Hasnadi Hasim Sekretaris Kerukunan Keluarga Tana Luwu yg juga ikut dalam aksi tersebut.

(*)

 

Pos terkait